Putaran Waktu Media Digital dan Lokal Jenius

Putaran Waktu Media Digital dan Lokal Jenius

1
BERBAGI
ilustrasi

PRIBUMIINDONESIA – Saya tersirat dalam ombak pikiran dan deburan imaji soal kearifan lokal. Pikiran  semakin kuat pada tatanan nilai luhur, dimana Indonesia ini kaya akan pola pikir lokal jenius.

Entah kenapa dalam beberapa bulan ini saya terpikir kuat bicara soal kearifan lokal yang hakiki.  Dalam dunia politik mungkin banyak lahir tokoh lokal yang cerdas dan mumpuni. Mulai dari Walikota dan bupati atau Gubernur lalu jadi tokoh penting negeri banhkan jadi orang nomor satu.

Dan mereka setelah menjadi tokoh besar tidak disebut lokal jenius, namun menjadi tokoh penting di bangsa ini. Sekadar menyebut nama sejumlah founding father bangsa ini mayoritas lokal jenius.

Lahir dari kekuatan jenius dalam melawan kolonial. Nama Sukarno, Muhammad Hatta, Syafruddin Prawiranegara, Syahrir, Sudirman, Yamin dan lainnya.

Sejumlah tokoh penting itu bagi saya adalah jenius tulen, memiliki keberanian yang tangguh. Dan  yang terpenting lagi dunia mengakuinya.  Lepas dari itu semua di masyarakat kita memang sudah menjadi tata nilai atau perilaku hidup jika kita berinteraksi secara arif.

Lokal jenius dari para founding father itu menjadikan kita paham makna besar bangsa ini mulai bentuk pengetahuan, pemahaman atau wawasan budaya luhur perilaku manusia.

Lokal jenius kerap muncul dalam budaya yang menumbuhkan jiwa-jiwa luhur bangsanya. Nilai luhur bangsa masing-masing memliki native nation yang luhur.

Bangsa di dunia yang kuat akan native nation adalah bangsa masih dalam akan leluhurnya. Jepang, Inggris jika kita lihat masih kuat akan hal itu.

Sebenarnya karena saya sedang gelisah akan kekuatan usaha mandiri dan usaha kecil di negeri ini.

Maka saya hanya ingin sampaikan bahwa lokal jenius bangsa kita sedang tumbuh. Dalam bisnis ekonomi kecil  namun hasil besar di sektor digital nama Bukalapak.com saat ini bisa jadi adalah lokal jenius bangsa Indonesia.

Achmad Zaki sang pemilik Bukalapak.com adalah lulusan ITB pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah ia mulai berkecimpung di dunia start up sejak masih kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Informatika, angkatan 2004.  Lulus kuliah, bersama teman kuliahnya, Nugroho Herucahyono, Zaky kemudian membuat online marketplace yang diberi nama Bukalapak.com.

Bukalapak.com yang secara resmi didirikan pada tahun 2011 lalu, dibuat dengan tujuan memberdayakan usaha kecil dan menengah Indonesia dengan memberikan wadah kepada UKM-UKM tersebut untuk berjualan dan menemukan pembeli produk-produk mereka.

Lalu apakah Zaky adalah jenius local? Saya katakan benar, tanpa melegitimasi, namun bukti yang ada telah terjadi. Ya saya sepakat. Terlepas mau ada pandangan apapun dia memang memmiliki kecerdasan yang sangat baik  dimana lulusan ITB yang IPK Zaky pun bernilai tinggi yaitu 4.

Kejeniusan Zaky sama aplikatif dengan bisnisnya saat ini.  Ia interaksi bentuk pengetahuan ilmu di kampus dan  keyakinan saat ini berprilaku bisnis. Inilah hasil cipta karsa karya anak bangsa.

Jadi saya malah lebih kuat menyebut Bukalapak adalah karya anak bangsa yang lahir dari jenius lokal. Untuk memberikan korelasi semua ini saya ingin juga bicarakan soal digital, dimana pada

Tahun 2012 saya pernah membaca sebuah artikel dalam laman brandrepublic.com berisi tentang  fenomena yang menjadi salah satu tertinggi dan terendah bagi hati yang paling dalam untuk beberapa merek terbesar di dunia media.

Laporan Nicola Kemp menyebutkan bahwa setahun adalah waktu yang lama di media sosial, pada Olimpiade BBC tampaknya kenangan sebagai perusahaan terus untuk merubah  meski tidak terpisahkan atas terjadinya skandal Savile Jimmy.

Olimpiade BBC itu sukses besar, dan sejumlah pemirsa yang terus tunning untuk upacara pembukaan yang dipandu Danny Boyle.

Konten multimedia fenomenal penyiar melaju di Inggris berjuang untuk melayani sampai bandwidth yang dibutuhkan untuk memasok karyawan mereka  dan terus melihat, sementara itu hal itu dirancang dengan indah Metro Olimpiade itu untuk brands  Adidas  yang memamerkan desain terbaik asal Inggris.

Bahkan Kantor Pos, dengan cepat meluncurkan perangko Olimpiade dan kotak pos emas ini menunjukkan bahwa bahkan merek yang paling tradisional dapat merangkul real-time media dalam event besar itu.

Kita tahu kini di era digital, di mana ‘gambar-gambar’  telah menjadi mantra dari Generasi baru. Adalah ekspresi diri bahkan narsis  lewat smartphone, daripada bersandar hanya belatar hiburan dimana oleh saluran media tradisional, yang membentuk pola konsumsi media masa depan.

Dalam digital ini nama brand besar yang memiliki dampak terbesar pada pernah bertengger EBAY perusahaan lelang online, yang berhasil meningkatkan tawarannya untuk merangkul era mobile.

Bahkan Ebay.co.uk adalah tujuan belanja online terbesar di Inggris, menyediakan platform untuk lebih dari 17 milion pengunjung unik per bulan untuk membeli dan menjual barang-barang baru dan bekas. Dengan belanja sosial ditetapkan menjadi salah satu tren pemasaran kunci untuk 2013, eBay adalah telah melakukan pembenahan menawarkan untuk memanfaatkan perkembangan ini.

Ada TWITTER yang lahir 2012 dan sampai kini masih menjadi primadona, tidaklah lengkap tanpa menyebutkan kekuatan fenomenal media social micro teks ini.

Kata-kata ’empat tahun lagi’, ditambah dengan foto Barack dan Michelle Obama merangkul, menjadi posting Twitter yang paling retweeted to date. Sebagai berita kemenangan Presiden AS Obama pemilu pecah, ada 327.452 tweet terkait diposting setiap menit.

Di sinilah letak kekuatan dari Twitter, dan ancaman bagi saluran media tradisional link, langsung pribadi dan menarik antara orang-orang. Apakah mereka seorang presiden atau seorang guru pra-sekolah, kemampuan untuk terlibat belum pernah lebih besar.

YOUTUBE adalah sebuah fenomena internet yang cepat datang untuk mendefinisikan video sosial, sekitar 72 jam video diunggah ke situs setiap menit.

Di Youtube video Rapper Korea Selatan PSY  alias si Gangnam Style-nya menjadi hit dan mencapai lebih dari 700milion yang menyaksikan dan memecahkan rekor untuk ‘like’ YouTube pada bulan September tahun itu. Justin Bieber terus menjadi yang populer paling besar di dunia dari  pandangan YouTube.

Sejumlah merek terus memperluas program yang komersial kemitraan dan dengan lebih dari 20% dari lalu lintas yang datang dari perangkat mobile raksasa video online memiliki pemandangan yang tegas ditetapkan pada tumbuh jejak mobile.  YouTube telah cepat menjadi salah satu, saluran yang paling penting, dan beragam media di seluruh dunia.

Instagram  

Jika Anda tidak bisa makan siang Anda tanpa tweeting gambar itu, maka kemungkinan adalah bahwa Anda menderita gangguan makan digital hehehe, dan salah satu dari mereka pengisian bahan bakar pertumbuhan yang luar biasa dari Instagram.

Instagram telah mengatasi perekonomian visual adalah tantangan besar bagi merek, dan pertumbuhan jaringan berbagi foto dan sosial menyediakan jendela ke dunia baru yang berani.

Akuisisi Facebook dari platform yang dilakukan diminta kekayaan spekulasi bahwa harga $ 1 miliar-tag berbau ekses terburuk dari booming dotcom, tetapi setengah dari merek terkemuka di dunia telah memeluk Instagram sebagai saluran pemasaran yang penting.   Nama media social itu sempat dibahas habis dilaman marketingmagazine.co.uk

Namun kita tahu kini telah menyusul nama-nama baru socmed ada Pinterest yang pingin tahu jauh soal tren dunia apa saja sampai soal vintage.  Path menjadi fenomena karena sejumlah tokoh pernah mengunakan ini, bahkan apdate status secara linimasi terdata dimana lokasinya.

Snapchat lahir  diangap pesaing berat Instagram karena telah memikat banyak orang di seluruh dunia, baik untuk alasan baik ataupun buruk.  Namun patut diacungi jempol juga bahwa Dominasi Facebook sebagai media berbagi foto dan video pribadi mulai tergeser meski FB juga ters berinovasi terus.

Ruang ini sangat bebas, dan kita ada dalam ruang kemungkinan yang terus diserbu dalam genggaman yang kuat. Ada dagelan yang konyol sekaligus ironi dalam semua meme jika semuanya punya aplikasi yang kuat dalam media social nah dunia kini jelas nyata tak selebar daun kelor, dan semua itu orang Indonesia memakainya media social ini.

Lantas kita bikin apa? Belum ada, dan saya berharap  pada Tahun Media Digital akan lahir dari anak negeri ini.  Semoga putaran waktu ini akan ada lahir karya digital kita dan semua memaknai lokal genius, digital media era baru yang harus direspon bukan sekadar dijadikan ajang tarung tak jelas. –AM KARTADIPURA

Comments

comments

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY