Sigma: Golkar Dukung Jokowi, Waspadai Manuver Politik Luhut Binsar

0
Setya Novanto

PRIBUMI- Analis politik Sinergi Masyarakat untuk Indonesia (Sigma) Said Salahuddin menilai keputusan partai Golkar bergabung dengan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan dimanfaatkan oknum tertentu untuk meraih keuntungan politik.

“Nah, kemesraan antara Golkar dan Pemerintah ke depan itu saya kira akan dimanfaatkan betul oleh Luhut yang juga kader senior Partai Golkar, untuk memperkuatpositioning politiknya dihadapan Presiden Joko Widodo,” kata Said kepada redaksi belum lama ini.

Said yang juga mantan aktivis pergerakan 1998 melanjutkan, persoalan lain yang juga timbul dari masuknya Golkar ke pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla adalah potensi terjadinya benturan atau gesekan dari partai lain yang sedari awal sudah masuk dalam koalisi mendukung pemerintah.

“Boleh jadi partai-partai tidak senang atau sekurang-kurangnya tidak cukup nyaman melihat kemesraan pemerintah dengan Golkar. Nah, pada bagian ini sangat mungkin muncul kecemburuan politik,” sambungnya.

Masih kata Said kemenangan Setya Novanto menjadi pucuk pimpinan partai politik berlambang beringin rindang itu bisa dikatakan sebagai kemenangan pemerintah. Betapa tidak sebab dukungan Pemerintah kepada Novanto sudah bisa dibaca sejak Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Presiden tidak nyaman apabila Ketua Umum Golkar merangkap jabatan.

“Kemenangan Novanto sebetulnya bisa disebut juga sebagai kemenangan pemerintah. Sebab memang Novanto-lah yang sesungguhnya diinginkan oleh Pemerintah untuk memimpin Partai Golkar,” tandas Said. (Bhd)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here