Beranda Beranda Buzzer, Baper, dan Pengahacuran Reputasi Lawan Politik

Buzzer, Baper, dan Pengahacuran Reputasi Lawan Politik

6
BERBAGI

PRIBUMI – Kata Buzzer adalah sebuah predikat yang namanya diambil dari kata dasar Buzz yang artinya ‘pembicaraan’ atau ‘percakapan’. dailysocial.id  menulisakan bahwa Buzzer sendiri adalah orang yang diharapkan bisa membuat sebuah topik/keywords jadi sebuah pembicaraan bukan saja di dunia online tapi juga in real world.

Tadinya banyak yang menganggap bahwa kekuatan buzzer itu bisa diukur dari jumlah follower-nya, namun sebenarnya tidak bisa hanya berhenti sampai disitu. Seorang buzzer seharusnya terlepas dari jumlah follower yang ia miliki harus memiliki kemampuan membangun buzz. Dan jika iya juga memiliki jumlah follower yang banyak maka itu adalah nilai plus buat si buzzer tersebut.

Para buzzer pada saat ini memang masih dihitung dari tweet berisikan pesan tersebut, dengan kata lain mereka dibayar dari jumlah tweet yang diminta oleh perusahaan/brand/agency yang meng-hired mereka. Penghitungan success rate-nya adalah dari jumlah tweet yang di-retweet, sehingga bisa diukur seberapa jauh si pesan tersebut bisa menjangkau dalam hitungan jumlah retweet tersebut (artinya makin besar jumlah retweet, makin besar pula nilai reach-nya). Itulah kira-kira dailysocial.id situs Indonesia yang sedang terhit saat ini untuk urusan dengan social media, community management dan online business.

dailysocial.id juga menulis muaknya para follower jika terus menerus dijadikan target ‘iklan’ di timeline mereka, sehingga selain mereka meng-unfollow si buzzer, mereka juga bisa jadi badmouthing sibuzzer + brand/perusahaan yang jadi klien mereka. Harus diingat bad news di social mediaitu menyebarnya sangat cepat.

Idealnya memang perusahaan/brand menggunakan buzzer agar produk/service/campaign mereka bisa jadi bahan pembicaraan dan terdistribusi secara viral.

Ketika akun Twitter Walikota Bandung @ridwankamil diserang para  Buzzer “bayaran” secara cerdas Ridwan berseloroh  dan membuat kultwit Panjang. Berikut kami kutip:

ridwan kamil @ridwankamil

Comments

comments

6 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here