Website KPU Down or Drawn??

Website KPU Down or Drawn??

Sebenarnya saya tidak terlalu interest untuk komentari status tentang jebolnya server KPU namun kok makin massive saja info nya dan terkesan kok begitu mudahnya orang yang tidak menggeluti dunia server di “bohongi”

Kalau baca status yang viral ini serangan server KPU ini dilakukan oleh 30 IP dengan metode Ddos….wow ini yang hebat hackernya bisa melumpuhkan server lawan dengan hanya 30 IP…lalu berapa besar bandwith untuk mengirim packet sehingga server ini lumpuh? atau begitu buruknya server KPU sehingga hanya diserang dari 30 IP saja langsung down, padahal traffic sebelum down saja cuman sekitar 1000 an visit online saat itu, kan jadi aneh bagi orang yang sehari-hari menggeluti dunia ini.

Lalu dalam status viral itu juga permintaan tolong untuk ikut mengamankan IP server KPU….hahahahaha ini IT Server nya ngimpi apa ya…..dimana mana yang bisa menutup port ya orang yang punya akses ke server itu dan itu pun bukan account biasa melainkan ROOT user, emang yang kelola server KPU mau bagiin account ROOTnya ke public?? aneh bukan?? kalau dari luar network server itu dimintain tolong nutup port yang terbuka ya sama aja di orang luar yang mencoba menerobos masuk system orang.

Kejanggalan berikutnya : kalau memang server itu down karena serangan Ddos ya jelas koit tanpa aba-aba….la ini tampilan layout masih muncul…okay mungkin dia pakai layanan CDN sehingga Cache nya masih tersimpan di server CDN tapi yang bikin curiga lagi setelah online (katanya sempat online tengah malam) kok data berubah…yahhh ini namanya bukan Ddos tapi serangan ke websitenya dengan teknik macam2 salah satunya SQL Injection, tapi kok ya aneh masak website dengan budget besar dengan mudahnya kena SQL Injection??

Serangan Ddos sebenarnya mudah diatasi kalaupun sudah terjadi namun concern saya bukan saat serangan sudah terjadi namun kenapa tidak ada usaha preventif biar ini tidak terjadi, seperti di bangun server honeypot sebagai intrusion detection system sehingga kalau ada “bad traffic” langsung terdeteksi dan bisa diantisipasi bahkan dilakukan serangan balik.

Kalau seperti ini kan kesanya kelas website dan server ini…….ya sudahlah…..dan akhirnya saya melihat viralnya status ini ada udang bermain air.

dari FB Zusfan Mashuri