Mardani Ali Sera: Lockdown Itu Penting

Cina diserang Virus Corona/ sumber foto foreignpolicy.com

PRIBUMINEWS – Sampai hari ini jumlah pasien positif Covid-19 sudah mencapai 790 orang. Jumlah yang kian meningkat dari hari ke hari. Ada hal menarik jika Covid-19 dikaitkan dengan budaya masyarakat Indonesia. Seperti budaya ‘berkumpul’ di tengah masyarakat.

Arisan, mudik, majlis ta’lim, ziarah dan lain-lain merupakan beberapa contoh aktifitas yang mengumpulkan orang banyak. Terlebih sebentar lagi kita akan masuk ke bulan Ramadhan, ada buka bersama (bukber) yang kerap dilakukan. Ini tidak bisa disalahkan karena budaya yang menggerakkan ini semua.

Kita ingin semua budaya tadi dapat berjalan seperti sedia kala. Hal yang belum bisa dilakukan di tengah penyebaran pandemi yang kian masif. Mutlak perlu terobosan. Apa yang pemerintah lakukan sudah baik, tapi menjadi tidak efektif jika masih banyak masyarakat yang bebas keluar rumah.

Ke depan kita perlu siap jika jumlah korban terus bertambah. Jika penambahan jumlah korban semakin menurun dari hari-hari sebelumnya, ini menjadi tanda bahwa wabah akan segera berakhir. Namun hal tersebut akan cepat terwujud jika negara telah melakukan intervensi.

Dengan menerapkan lockdown parsial, Insyaallah akan memutus birokrasi dan rantai komando yang berbelit di negeri ini. Semua akan satu komando. Pak @jokowi dapat menggunakan opsi ini paling tidak selama 2 pekan, Insyaallah kita bisa kontrol ledakan dan penyebarannya.

Bagaimana solusi bagi orang yang bekerja harian dan baru dapat uang jika bekerja? Setelah opsi ini diambil, presiden wajib memberi insentif bagi perusahaan untuk menggaji normal semua pegawai dengan separuh gaji pokok yang ditanggung pemerintah selama 2 bulan ke depan.

Lalu pemerintah juga perlu menambah dan lebih giat dalam menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat rentan. Seperti kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi ataupun yang terdata sebagai masyarakat berisiko terinfeksi Covid-19.

Kordinasi antara pusat dan daerah juga perlu ditingkatkan. Segera realokasi anggaran seperti perjalanan dinas, kunker LN, anggaran pemda dan lain-lain untuk membantu mengatasi pandemi ini.

Ada sekitar 27 triliun yang bisa dimaksimalkan. Belum lagi anggaran UN yang kmrn baru saja diputuskan untuk ditiadakan.

Jabodetabek merupakan hot zone karena tingkat penyebarannya yang tinggi. Kedua daerah tersebut sudah menyatakan siap jika pemerintah memutuskan lockdown parsial. Ayo Pak @jokowi segera ambil opsi ini sebelum semuanya terlambat. #LockdownPenting.

*Politisi PKS, Mardani Ali Sera