Harus Kembali ke UUD 1945 Asli

Hendrajit Direktur Eksekutif Global Future Institute
OLEH HENDRAJIT
Kenapa UUD 1945 asli harus kembali? Pertama, karena UUD 1945 itu bukan saja produk revolusi yang mengandung cita-cita nasional dan cita-cita sosial yang dituntun hikmah kebijaksanaan rakyat, melainkan juga memancarkan kekuatan-kekuatan revolusioner yang dinamis kala itu.
Jadi kembali ke UUD 1945, berarti kembali ke jatidiri bangsa. Yang berarti pula kita harus menggauli kembali semangat dan sejarah perjuangan bangsa yang dimotori para founding fathers kita ketika itu.
Sayangnya, berbagai elemen bangsa, termasuk para purnawirawan TNI, seringkali mengabaikan dua aspek penting tadi ketika mendesak kembalinya UUD 1945 hadir di pentas nasional.
Alhasil, gerakan kembali ke UUD 1945 terkesan elitis, ekslusif dan asyik sendiri. Tidak menyetrum emosi jiwa rakyat. Atau yang lebih celaka lagi, kembali ke UUD 1945 seakan mau kembali ke zaman Orde Baru. Bukan. UUD `1945 merupakan produk proklamasi 17 Agustus 1945. Bukan produk Orde Baru.
Padahal UUD 1945 merupakan produk revolusi nasional bangsa Indonesia yang didalamnya terkandung dua hal: Rasa keagamaan atau rasa religius yang kuat dari masing-masing pemeluk agama. Kedua, kumulasi dan hasil dari sejarah panjang perjuangan bangsa melawan penjajahan asing baik melalui sarana militer maupun nonmiliter.
Wartawan senior