Bincang dengan Pelukis Meta Pims, Riligi dan Alam

Meta dengan lukisannya

PRIBUMI – Karya lukisnya yang ada dalam sebuah lelang Sidharta Auctioneer di Alam Sutra Mall pada Awal Desember 2015 mebuat tertegun atas lukisan riliginya.  Kini karyanya kuat di alam dan Religi.

Sebuah Lukisan Kabah yang kuat dan penuh kekuatan garis yang lepas bebas tanpa ada keraguan dalam gambar tersebut. Setelah ditelusuri siapa pelukisnya. Dia adalah Meta Pims pelukis perempuan yang memiliki talenta kuat. Mungkin saja waktu itu sang kurator Amir Sidharta saat memilih karyanya hingga lolos dan masuk daftar lelang ada pikiran sama dengan kami karena karya Meta Pims ini laik untuk disandingkan dengan sejumlah perupa yang masuk dalam lelang akhir tahun 2015 ini.

IMG-20151228-WA010

Meta Pims adalah Sarjana Ekonomi Manajemen jebolan Universitas Padjajaran (UNPAD) tahun 1998. Bakat melukisnya datang dan mengalir dalam darahnya. Dia memang bukan sebuah kampus  seni  tapi sangat kuat dalam  dirinya kekuatan seninya.

Bisa dikatakan dalam konteks besar ia melangkah keluar dari bayang-bayang ilmu ekonominya dan sekarang kuat berkarya dalam seni. Meski pernah menjalani sebagai eksekutif muda dan pernah mencapai pucuk pimpinan sebuah perusahaan swasta di Jakata, nampaknya Meta Pims kini serius dan masuk dalam dunia estetika yang membawanya ke keseriusan dan mengembangkan dunia nilai artistik, khususnya dunia seni lukis.

Nama Meta Pims memang masih baru dalam jagat seni lukis Indonesia, namun kehadirannya memberikan harapan masa depan pertumbuhan seni lukis Indonesia.  Karya lukis Meta Pims ini memang mengejutkan, sejumlah kolektor telah mengoleksi karyanya dan memberikan apresiasi yang tinggi. Tak jarang ada beberapa mitra meminta dia melukis di dinding rumahnya dalam bentuk mural. Dan saat ditemui Pribuminews Meta Pims baru saja mengarap karya besar di sebuah rumah sakit di Jakarta. “Saya baru menyelesaikan karya mural natural di RS Pelni Jakarta. Ada dua karya saya satu disimpan di front office RS Pelni satu lagi di area dalam yang disimpan dalam dinding RS tersebut,”ujar Meta saat ditemui di studionya di bilangan Kebagusan Jakarta Selatan.

 

Dua Lukisan Meta Pims yang ada di RS PELNI JAKARTA

 Lukisan Meta Pims yang ada di RS PELNI JAKARTA

Tak  hanya  di RS Pelni, ada juga resto ternama khusus steak. Selain itu  lukisan karya Meta menjadi koleksi pasangan muda yang ingin memajang lukisan atau karya elemen estetik yang bisa menghiasi rumah. Sejumlah  gedung  juga sudah meminta karyanya untuk bisa memajang karya torehannya.

IMG-20151228-WA010FullSizeRender (6) FullSizeRender (7) Lukisan karya Meta Pims – Series KABAH

Pelukis Meta Pims dalam karyanya menunjukkan kekuatan seni tinggi, berkarakter dan memiliki warna baru. Ia juga membuat karya religi dalam karya Series Kabah dan Aura Mekkah. Karya lainnya adalah alam dan dekoratif impresionis yang cukup sublim.

Meta Pims adalah pelukis perempuan yang menjanjikan,  baginya ini proses yang panjang untuk mendapatkan pengakuan Dallas seni rupa Indonesia hanya tinggal beberapa langkah lagi.

Pelukis kelahiran Surabaya 5 April 1973 ini melukis dengan jiwa dan menyimpan satu kekuatan yang melekat dalam setiap karyanya. Pelajaran penting dari perjalanannya adalah ia tak  habis-habisnya belajar dalam mencari inspirasi, dan sesuatu objek yang dijadikan lukisan-lukisannya.

Dalam karyanya Meta Pims menunjukkan keragaman besar dalam bentuk dan tema. Sebagai seniman ia telah berusaha tidak hanya untuk kekuatan makna,  tetapi juga visual karya lukisnya memiliki fenomena yang hadir dalam lukisan yang dekat dengan gayanya yang lepas.

Karya-karya Meta Pims cenderung memberontak dari pakem atau bahkan mendekonstruksi tradisi lukisan biasa.

FullSizeRender (5)

Kita lihat lukisan “KABAH” yang terjadi ada kekuatan yang dijiwai dengan kekuatan ekspresif mengalir keluar dengan cara yang sangat nonverbal. Kekuatan dimana saat ia hadir di Mekah dan melihat Kabah.

Meta  menampilkan karyanya berkeliaran dengan kekuatan sendiri  dari ekspresi yang dikeluarkan. Karyanya adalah bukti kualitas yang sublim dalam menorehkan kuas di atas kanvas.

Dalam perjalannya Meta juga patut diamati. Karyanya  menawarkan bentuk keragaman juga dapat dilihat sebagai langkah baru untuk “menghindari ” keseragaman dalam pikiran.

Namun, imajinasi Meta jelas  memadukan dunianya dengan realitas visual saat ini. Contoh ini adalah yang disebutkan secara khusus  pada series Kabah diatas. Yang ditampilkan  begitu kuat baik hitam putih maupun ada perca emas.

Dia menawarkan bentuk lain dalam konteks seniman perempuan saat ini begitu religi. Kekuatan karya yang disajikan sebagai hasil dari dalam pikiran. Lukisan ini, yang menggambarkan esensi maknawi, yang disamakan dengan monokrom warna, sama sekali gaya yang sama sekali baru bagi pelukis Indonesia saat ini.

Masih ada beberapa karya yang setia pada kekuatan konvensional dalam lukisan Meta misalnya pada Bunga sementara tidak secara eksplisit menampilkan aura realistis bunga, jelas menggambarkan kekuatan lengkap dengan keindahannya.

Muncul dalam beberapa karya, bersama dengan gaya yang sama sekali modern yang menampilkan tema kehidupan sehari-hari dan suasana, dalam berbagai dimensi karya Meta Pims  sebagai pelukis perempuan telah menjadi seniman yang luar biasa.

Kelak yang rencananya pameran yang sedang dipersiapkan dapat menjadi terobosan bagi pelukis ini. Tentu saja, tidak ada terburu-buru karena prosesnya jauh lebih penting daripada tujuan. Setelah semua, esensi yang berkomitmen untuk menjadi pelukis sampai pada tujuannya. Dan bisa dikatakan bahwa Meta Pims pelukis perempuan masa depan Indonesia. (AMK/PRB)