Tito Loncati Lima Angkatan, Jokowi Dapat Jempol Kader PKS

Calon Tunggal Kapolri Komjen Tito Karnavian tercatat memiliki prestasi baik dalam karirnya sebagai polisi dan langkah Presiden Jokowi ini patut diapresiasi karena berani melakukan potong generasi sampai lima angkatan di Polri.

“Saya mengacungkan dua jempol kepada Presiden,” kata Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS, Muhammad Nasir Djamil, dalam diskusi publik di DPR Jakarta, Kamis (16/06/2016).

Nasir mengungkapkan biasanya Kapolri dan Panglima TNI satu angkatan. Panglima TNI saat ini, Jenderal Gatot Nurmantyo, alumnu Akademi Militer angkatan 1982, sedangkan Tito sendiri angkatan Akademi Kepolisian 1987.

Menurut Nasir, kalau Tito mampu memimpin para seniornya, maka akan berjalan mulus, tapi sebaliknya kalau tidak bisa, maka akan menjadi kendala besar. Apalagi, lanjut dia, para senior yang dilampaui Tito masih sangat banyak.

“Tito yang ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi calon Kapolri melampaui lima angkatan polisi di atasnya, yakni angkatan 1982 hingga 1986,” tandas politikus PKS itu. -rmn