Budi Waseso akan Maju di Pilgub DKI Diusung Gerindra?

0
87

Partai Gerindra akan mengusung Budi Waseso (Buwas) menjadi calon gubernur DKI Jakarta 2017 nanti.

Buwas, yang saat ini menjabat sebagai kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) rencananya bakal diduetkan dengan Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur.

“Peluang Budi Waseso untuk maju sebagai calon gubernur DKI yang diusung Partai Gerindra semakin membesar. Kami mengusulkan Buwas akan diduetkan sebagai Cagub berdampingan dengan Sandiaga Uno sebagai Cawagub,” kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Jakarta, Jumat (8/7/2016).

Dia menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir ini telah terjadi komunikasi intensif dengan kawan-kawan di DPP Gerindra dan Fraksi Gerindra di DPR yang mengerucut pada pencalonan Buwas.

Selain itu, menurut dia, Gerindra juga akan berkomunikasi menjajaki koalisi dengan PDIP, PPP, PKB dan PKS untuk mengusung pasangan tersebut.

“Sebagaimana kita ketahui berdasarkan Anggaran Dasar Gerindra wewenang penentu Calon Gubernur ada di tangan Pak Prabowo selaku Ketua Dewan Pembina,” ujarnya.

Dasco mengatakan dirinya sebagai anggota Dewan Pembina dan Wakil Ketua Umum Gerindra selalu ikut berpartisipasi membantu Prabowo dengan memberikan masukan-masukan soal perkembangan yang terjadi di tingkat bawah, termasuk soal Buwas.

Menurut dia, nama Buwas santer dibicarakan di kalangan Pengurus DPP, kader dan simpatisan Gerindra di DKI baik di media sosial maupun forum-forum pertemuan.

“Duet Buwas dan Sandiaga Uno adalah pasangan yang ideal untuk mengaplikasikan platform perjuangan Gerindra di DKI Jakarta,” katanya.

Dia menegaskan, Buwas adalah sosok yang tegas dan bersih dengan leadrship yang kuat, sementara Sandiaga Uno sangat menguasai penguatan ekonomi kerakyatan.

Dijajaki ke PDIP

DPD Partai Gerindra DKI Jakarta bertekad menggencarkan terus penjajakan dengan PDI Perjuangan jelang Pilkada DKI guna membuka ruang koalisi.

Ketua Tim Penjaringan Calon Gubernur Partai Gerindra, Syarif mengatakan, setelah pertemuan yang kedua kali dengan partai banteng pihaknya akan melakukan pertemuan kembali dalam acara halal bihalal.

“Dalam waktu dekat PDIP mengundang halal bihalal Gerindra secara khusus. Di saat itu kita akan memperkuat pembahasan soal Pilkada,” ujar Syarif saat dihubungi, Minggu (10/7/2016).

Dalam pertemuan yang belum ditentukan waktu dan tempatnya, Syarif mengatakan, pembahasan akan didominasi dengan isu Pilkada yang sedang hangat diperbincangan. Termasuk mencuatnya nama Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) yang digadang-gadang Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad untuk dimajukan di Pilkada DKI.

“Iya, kita akan sampaikan soal Buwas juga pada pertemuan nanti,” ungkap Syarif.

Sebelumnya, Dasco menyebut, Buwas sudah pernah diusulkan pada Maret lalu tetapi usulan itu ditepis karena Buwas ingin memilih serius memimpin BNN. Akibatnya, nama Buwas tak lagi diikutkan dalam penjaringan gubernur dari Gerindra.

Belakangan Dasco mendengar dari orang-orang terdekat Buwas bahwa Buwas ingin maju pada Pilkada DKI 2017. Di sisi lain, kata Dasco elektabilitas Buwas yang tinggi membuat ia kembali mengusungnya untuk dipilih Prabowo pada Pilkada DKI 2017. -rmn/ts/rs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.