Korea Utara Uji Coba Mesin Roket Baru

0
137

PRIBUMI – Korea Utara menyatakan sukses melakukan uji coba darat sebuah mesin roket yang digunakan untuk peluncuran satelit. Tetapi pengamat meyakini mesin tersebut pada kenyataannya adalah rudal balistik jarak jauh yang telah ditingkatkan kemampuannya.

Kantor berita Korea Utara KCNA pada Selasa (20/09/2016) pagi melaporkan bahwa pemimpin negara, Kim Jong Un, mengawasi langsung uji coba di Pusat Antariksa Sohae di Tongchang-ri, sebelah barat daya negara tersebut. Laporan ini menyatakan bahwa para ilmuwan dan teknisi sukses melakukan uji coba tipe baru mesin kekuatan tinggi untuk sebuah roket yang membawa satelit geostasioner.

Kim dikatakan meminta para ilmuwan untuk segera merampungkan sebuah persiapan peluncuran satelit dalam waktu secepat mungkin.
Sebelumnya pada awal bulan ini, Pyongyang melakukan uji coba nuklir yang kelima. AS, Jepang, dan negara-negara lain mengecam tindakan tersebut. Pengamat menyatakan Korea Utara kemungkinan berupaya untuk melawan tekanan dari negara-negara pengecam tersebut dengan mengisyaratkan adanya peluncuran rudal jarak jauh lagi. |nhk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.