Emrus Sihombing: Datang ke Markas TNI, Jangan Ketika Ada Masalah Saja

0
123

Presiden Joko Widodo menyambangi markas TNI-Polri sepekan terakhir. Mulai dari Kopassus, Brimob, Marinir, Paskhas, dan Kostrad. Seharusnya, agenda tersebut dilakukan rutin.

“Presiden Jokowi jangan cuma ada masalah saja ke markas TNI,” kata Dosen komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing saat dihubungi Rimanews, Kamis (17/11/2016).

Seharusnya, kata Emrus, safari Jokowi mengunjungi barak-barak dilakukan secara periodik. “Misalnya, enam bulan ke Kopassus, enam bulan berikutnya ke marinir, begitu seterusnya,” ujar Emrus.

Menurut Emrus upaya Jokowi bertemu dengan prajurit TNI-Polri merupakan langkah politik. Sebab, presiden merupakan jabatan politik, sehingga segala perilakunya dilakukan dengan pertimbangan politik. “Mempersatukan NKRI juga politik itu,” katanya.

Sejatinya, kata Emrus, Jokowi membangun komunikasi dengan berbagai pihak sejak awal. “Secara terencana, terstruktur dan sistematis,” katanya.

Jadi, komunikasi pemerintah dengan berbagai pihak jangan seperti “pemadam kebakaran”. “Ruang komunikasi dilakukan bila sudah ada masalah baru.

Pola komunikasi yang dilakukan Jokowi, dinilai Emrus, tidak produktif menyelesaikan persoalan kebangsaan. |RMN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.