Waduh..! Jabar Provinsi Terkorup

0
118

Jawa Barat merupakan provinsi paling banyak terjadi kasus tindak pidana korupsi. Berdasarkan laporan tahunan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2015, tercatat 44 kasus korupsi terjadi di Jawa Barat.

Provinsi terbanyak korupsi kedua adalah Riau dan Kepulauan Riau sebanyak 32 kasus. Ketiga, DKI Jakarta dengan 28 perkara korupsi.

Meski demikian, kasus korupsi di daerah masih jauh lebih kecil dibanding kasus korupsi di level pusat. Dalam laporan ini, KPK mencatat ada 205 kasus korupsi di pemerintah pusat sepanjang 2014-2015.

Upaya pemberantasan korupsi mempengaruhi peringkat kemudahan berusaha di Indonesia. Proses pemberantasan korupsi dinilai terus membaik yang juga berdampak pada meningkatnya indeks kemudahan berusaha di Tanah Air.

“Dengan demikian ada dua rekor negatif Jawa Barat, provinsi terkorup dan paling tidak toleran. Pertanyaannya, benarkah keduanya berhubungan? Apakah tingginya diskriminasi atau intoleransi atas nama agama dalam aturan atau kebijakan Pemkot, Pemkab dan Pemprov yang “religius” sengaja untuk menutupi perilaku korup para pejabat atau pimpinannya?,” ungkap Direktur Eksekutif Pusat Kajian Komunikasi Politik Indonesia (PKKPI) AM Kartadipura. Sumber: jabarhiji.com/katadata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.