Menafsir Meme SBY

0
365

PRIBUMIIND0NESIA – Menurut laman wikipedia Mimema  atau dalam bahasa Inggris: meme adalah neologisme yang dikenal sebagai karakter dari budaya, yang termasuk di dalamnya yaitu gagasan, perasaan, ataupun perilaku (tindakan).

Dengan demikian, mimema menyebar berupa ide dan bila tidak berhasil maka ia akan mati, sedangkan yang lain akan bertahan, menyebar, dan (untuk tujuan yang lebih baik bahkan lebih buruk) akan bermutasi.

“Ilmuwan memetika mempunyai pendapat bahwa mimema yang mempunyai ketahanan terbaik akan menyebar dengan efektif dan memengaruhi si objek (seorang individu).”

Mimema berasal dari bentuk pendek mimeme (dari bahasa Yunani Kuno Pengucapan Yunani: [míːmɛːma] mīmēma, “imitasi/tiruan”; dari μιμεῖσθαι mimeisthai, “mengimitasi”; dari μῖμος mimos, “mime”). Dawkins mengatakan bahwa dia menginginkan “sebuah kata yang terdiri dari satu suku kata karena terdengar seperti kata gene (gen)”

Sejarah dari unit evolusi sosial, dan istilah serupa (bahasa yunani mneme, berarti “memory”) pertama diungkapkan pada tahun 1904 oleh ilmuwan evolusi biologi Jerman yang bernama Richard Semon berjudul Die Mnemischen Empfindungen in ihren Beziehungen zu den Originalempfindungen. Menurut OED (Oxford English Dictionary), kata mneme muncul di Inggris pada tahun 1921 yang terdapat pada terjemahan buku Semon, The Mneme.

Nah jika tulisan ini membahas  Meme seperti terlihat di gambar atas bahwa SBY dibuat Meme oleh entah siapa tentu yang buat Meme itu seperti biasa terkadang memang anonim. Dan jaidilah sebuah Meme ini ini seolah legitimasi bahwa ada  pujian buat Meme SBY ini atas kondisi kekinian.

Akun Muhammad Jacky menulis di FBnya atas komentar Meme itu berisi Akhirnya pengguna sosial media mengakui kepemimpinan Presiden SBY. Meme ini mulai mewabah,” tulisnya.

Jika ditafsir bahwa hal ini memang rasanya sangat kuat atas makna tafsirnya, sebab konteks kekinian atas 10 tahun SBY menjabat telah memang tak pernah nuding makar atau bahkan yang lagi ramai-ramainya tak pernah memblkir media. Misalnya yang kini sedang hangat 11 Media Islam di Blokir. Selanjut silakan tafsir sendiri. |ATA

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.