Makar itu Hoax

0
192

OLEH HENDRAJIT

Pak Gatot panglima TNI idalam paparannya di video ada beberapa yang dapat kita ambil hikmahnya:

Pertama, bangsa Indonesia itu bangsa patriot yang memiliki semangat gotong royong yang tinggi. Pesan yang ingin disampaikan bahwa Indonesia itu kuat dan bersatu.

Kedua, perjuangan Indonesia sejak proses kemerdekaan, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan selalu ada keterlibatan Ulama dan santrinya. Pesannya, bahwa Ulama dan Santri akan turun terlibat jika ada hal-hal yang memang luar biasa mengganggu (tidak elok) di negeri ini.

Ketiga, jangan takut atas turunnya Ulama dan Santri. Pesannya Ulama dan Santri jangan ditakuti karena mereka semua orang baik yang selalu menjaga bangsa.

Keempat, dalam situasi seperti sekarang tentu akan bisa salah jika menangkap orang-orang tertentu terkait isu makar, karena massa yang begitu banyak bergerak tetapi tidak ada anarkhisme. Dalam setiap kerumunan pasti ada orang (-orang tertentu) yang _diviant behavior_ yang bisa saja hanya perilaku individu, dan ini sudah ditangani oleh polisi dan TNI dengan baik; sehingga tidak berujung kericuhan karena _crowd_. Pesan yang ingin disampaikan adalah mari kita jangan asal tuduh sehingga bisa gaduh. Ini justru yang bisa membuat sesuatu yang lebih sulit ditangani.

Dengan demikian, target yang ingin mendompleng tidak berhasil.

Kelima, apa yang disampaikan panglima adalah strategi perang kelas jenderal bintang 5 yang senpurna. Supaya musuh yang sesungguhnya (kalau ada) yang merencanakan makar dapat muncul dengan mengatakan makar hoax. Sun Zhu, _Art of War._

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.