Amien Rais: Reklamasi Proyek OBOR China

0
201

PRIBUMINEWS.CO.ID – Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais berbicara mengenai kelanjutan reklamasi Teluk Jakarta. Amien menyarankan agar proyek reklamasi dihentikan.

“Reklamasi ini termasuk bagian dari Megaproyek One Belt One Road (OBOR), hal ini berkaitan dengan Tol Laut yang di canangkan oleh Presiden Jokowi sejak dia baru terpilih menjadi presiden, tak lain merupakan ide Presiden China Xi Jinping, untuk memperluas pengaruh ekonomi maupun politiknya di dunia,” kata Amien Rais usai acara diskusi tentang “Stop Reklamasi Teluk Jakarta’ di gedung DPR, Jakarta, Kamis (2/11).

Apalagi Reklamasi Teluk Jakarta terbukti dari hasil riset kelautan tidak menguntungkan bagi masyarakat kecil atau nelayan yang telah tergusur, hanya menguntungkan pengusaha property yang mendapatkan proyek tersebut.

Megaproyek OBOR diperkirakan akan menjadi salah satu bukti bagaimana China terus berusaha memperluas pengaruh ekonomi maupun politiknya di dunia.

Besarnya potensi megaproyek tersebut dapat dilihat dari luas wilayah yang dicakup dan besaran dana investasi yang disediakan. Tak heran jika banyak negara yang ingin ikut serta terlibat dalam rencana yang bertumpu pada pembangunan infrastruktur penunjang konektivitas antarnegara ini.

Dari segi cakupan wilayah proyek yang terinspirasi oleh rute pedagangan kuno Jalur Sutra ini tidak hanya meliputi kawasan Asia, Eropa, Timur Tengah saja. Negara seperti Afrika Selatan dan Selandia Baru yang notabene tidak masuk dalam rute Jalur Sutra kuno, bahkan telah menyatakan diri.

Sementara itu, dari segi pendanaan proyek yang diinisiasi oleh Presiden China Xi Jinping pada 2013 lalu ini mendapat dana alokasi khusus dari Pemerintah sebesar US$40 miliar.

Sumber pendanaan lain juga muncul dari lembaga keuangan multilateral yang didirikan Beijing, yakni Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) sebesar US$100 miliar. |Ed/PRB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.