Diadukan ke Bareskrim Pribuminews.co.id di Waktu yang SamaTemui Dewan Pers

0
119
Tim Pribuminews.co.id menemui Dewan Pers, 22 Mei 2018/REDY

PRIBUMINEWS.CO.ID – Sejumlah media memberitakan bahwa Kami Pribuminews.co.id diadukan ke Bareskrim Polri terkait kasus pemberitaan lagu #2019GantiPresiden (https://pribuminews.co.id/2018/05/19/jhon-paul-ivan-ciptakan-2019gantipresiden-begitu-syahdu-dan-meninju/). Namun Tim Pribuminews.co.id yang juga didampingi Penasehat Hukum Effendi Saman SH, tokoh Pribumi Indonesia Yusri Usman, Pemilik Pribuminews.co.id Aendra Medita juga tim redaksi Rahmat Edi Agusno dan Susi Andrini melakukan pengaduan atas duduk masalah Somasi dari Penyanyi Jhon Paul Ivan yang menuntut ganti rugi 1 Miliar.

“Ini aneh kasus berita yang telah kami revisi dan klarifikasi sesuai dengan UU PERS kok malah musisi itu lewat penasehat hukumnya menuntut kami senilai 1 Miliar. Untuk itu, kami dialog advokasi dengan Dewan Pers, karena kami ada di ranah media maka Dewan Pers yang kami datangi,” ujar Aendra Medita Selasa, 22 Mei 2018 usai menemui Dewan Pers di Jakarta.

Pihak Dewan Pers menerima Tim Pribuminews.co.id adalah bagian tim pengaduan yaitu Syariful mengatakan bahwa ranah Pers kasus pemberitaan salah sudah sering. Jadi memang urusan kesalahan pemberitaan memang bagian Dewan Pers. Nanti kalau ada laporan ke polisi pun pihak polisi tim siber pasti akan ke Dewan Pers meminta tim analis dari dewan Pers. “Apakah berita ini sudah sesui pemberitaan atau tidak dan apakah ada kesalahannya jika ada sudah dibuka hak jawab dan juga harus dilakukan revisi, umumnya kasus ini banyak karena lupa konfirmasi sumber, tapi kalau sudah revisi klarifikasi biasanya selesai,” kata Syariful menjelaskan kepada Tim Pribuminews.co.id saat menerima tim pribuminews di lantai 7 Dewan Pers Kebon sirih

Masih kata Syariful kalau pemberitaan ini malah Pribuminews sudah melakukan minta maaf dan sudah klarifikasi tapi dilihat ada somasi bahkan ada yang sifanya angka tuntutan itu kami tak paham arahnya kemana kami sebatas pemberitaan saja, jelasnya.

Sementara itu dalam menanggapi kasus ini Penasehat Hukum (Pengacara) Pribuminews.co.id mengatakan bahwa dengan kami ke Dewan Pers ini kami ikuti langkah hukum sesuai UU Pers, Oleh karenanya kami meminta advokasi ke pihak Dewan Pers sesuai jalurnya dan karena ranah pemberitaan ada Dewan Pers. “Ini kami tempuh karena merespon Somasi yang dilayangkan Penasehat Hukum Jhon Paul Ivan ke Pribuminews, makanya kami diskusikan dengan pihak yang berwenang di urusan media yaitu Dewan Pers,” ujar Effendi Saman.

Jadi jika sejumlah media memberitakan bahwa Pribuminews.co.id diadukan ke Bareskrim Polri terkait kasus pemberitaan lagu #2019GantiPresiden.

“Kami memilih beradvokasi ke Dewan Pers saja,” ujar Aendra.

Berikut sejumlah link media yang memberitakan bahwa Pribuminews.co.id ke Bareskrim Polri tersebut:

http://m.republika.co.id/berita/nasional/hukum/18/05/22/p9498w430-gitaris-john-paul-ivan-laporkan-pencatut-namanya-ke-polri

https://entertainment.kompas.com/read/2018/05/22/132444410/gitaris-john-paul-ivan-melapor-ke-bareskrim-polri-soal-lagu

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180522080454-12-300168/john-paul-ivan-laporkan-media-online-soal-lagu-ganti-presiden

https://news.detik.com/read/2018/05/22/124950/4032498/10/difitnah-di-lagu-2019gantipresiden-begini-kemarahan-john-paul-ivan

dan sejumlah media yang tidak sempat kami monitoring.

Catatan dari kami, sehebat inikah media-media itu kok tak ada jurnalisnya yang bertanya kepada narsum kenapa tak melaporkan ke Dewan Pers Pribuminews itu.

Kenapa itu kami tanya karena kami menolak juga disebut media HOAX.  Secara pemberitaan bahwa berita kami bukan HOAX. Pertama lagunya memang benar ada bukan Hoax, dan penyanyi-nyapun ada yang asli yaitu Johni, yang dulu dikenal dengan sebutan Sang Alang.

Johni Sang Alang adalah seorang musisi senior yang sudah menelurkan album hitsnya dengan judul ” Sendiri ” tahun 1994 dan telah kami lakukan wawancara khusus dan mengakui lagu itu karya dia (red. Dia=Johni Sang Alang). (https://pribuminews.co.id/2018/05/20/lagu-ciptaan-jhoni-sang-alang-2019gantipresiden-begitu-syahdu-dan-meninju/)

Meski bukan penyanyi yang yang salah kami sebut dan catat kami sudah revisi dan meminta maaf serta membuka hak jawab, (silakan buka Link: https://pribuminews.co.id/2018/05/20/inilah-klarifikasi-redaksi-pribuminews-co-id-atas-pencipta-lagu-2019gantipresiden/) namun malah kami menerima somasi dan ada indikasi “memeras”  Pribuminews dengan sejumlah dana sebesar 1 Miliar.

Red/prb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.