Kata Hati Johni Sang Alang (Bagian.2)

0
105
Johni - Foto:Istimewa

Menjadi Seorang Musisi dan Konsep Penciptaannya.

Johni mengakui bahwa sebenarnya ia sama sekali  bukan partisipan partai. Dan untuk saat ini belum tertarik ke arah itu walau tawaran sering kali didapat. Kalaupun berbicara politik dalam konsep lagunya,lebih banyak berbicara pada sebuah kebijakan saja.Sebagai rakyat biasa dan juga sebagai pelaku bisnis ditengah masyarakat, sebuah kebijakan pemerintah memiliki dampak luas bagi masyarakat tak terkecuali dirinya.

Johni Sang Alang, akan tetap fokus bermusik /Foto:Ist

Di album pertama Sang Alang, ada dua judul  lagu  berbicara kritik terhadap kebijakan pemerintah. Kritikan dalam lagu disuarakan atas banyaknya pembobolan uang oleh para banker yang lari keluar negeri serta kebijakan pemerintah mengenai pembuatan energi nuklir yang disuarakan lewat lagu ciptaanya yang berjudul “ Ole ole yang sedikit berirama metal”. Kritik terhadap kebijakan pemerintah bukan kali pertama ini saja dilakukan Johni Sang Alang. Kebijakan keliru pemerintah sudah lama  di suarakan  lewat album pertamanya.

Bila syair yang ada berbau kritikan dan sedikit politis, dikatakan Sang Alang apa yang ditulis dalam syair merupakan lebih pada mewakili suara rakyat, namun apa yang dibuat bukan lah bentuk pesanan. Apa yang dibuat di akuinya merupakan suara hati yang dilihat langsung dari lingkungan sekitar yang ada. Makna penciptaan syair yang ditulis nya adalah suara hati dan kejujuran . Di sadari oleh Johni ada sebuah konsekwensi dimana suasana politik di tanah air cukup menghangat dengan berbagai gejolak tuntutan seperti yang banyak disuarakan netizen diberbagai medsos. Namun demikian penciptaan lagu tersebut di akui Johni bukan bentuk pro dan tidak pro   terhadap pemimpin negara.  Kebetulan karyanya bertepatan dengan tahun politik dan di akuinya itu hanya masalah momen. Munculnya lagu # Ganti Presiden yang begitu cepat viral hingga ke berbagai negara lewat media sosial adalah imbas dari menghangatnya suasana di tahun politik.

Johni Sang Alang/Foto ; Ist

Lagu yang dibuat Johni, tak beda dengan lagu yang pernah disuarakan Iwan Fals dalam kelompok Kantata Taqwa, dimana kala itu dianggap bisa membangkitkan semangat perubahan atas beberapa kejadian yang terjadi dimasa rezim orde baru. Sebut saja satu lagu dari album Kantata Taqwa seperti judul Kesaksian. Syair lagu yang dibalut apik dengan bahasa sastra diciptakan WS Rendra saat itu juga bersuara kritikan cukup pedas dengan sesuatu yang dirasakan dan terjadi di masa rezim orde baru.

“Banyak orang , hilang nafkahnya..aku bernyanyi menjadi saksi. Banyak orang dirampas haknya...Aku bernyanyi menjadi Saksi. Kenyataan harus dikhabarkan… Aku bernyanyi menjadi saksi. Sekilas potongan syair lagu Kesaksian dari album pertama kantata sangat jelas cukup menohok walau dalam syair masih terbilang soft karena balutan sastra WS Rendra sebagai seorang sastrawan. Lagu yang dirilis di tahun 90 lolos edar bahkan live concertnya pun tidak pernah mendapat halangan berarti hingga terakhir disuarakan pada live concert 12 mei 1998 di kampus Trisakti sebagai lagu penyemangat perubahan kebijakan politik sekaligus perubahan rezim.

“ Kantata Taqwa adalah album super wah dimana penggarapannya dilakukan oleh para maestro musik dan orang –orang hebat dibelakangnya, tentu sangat berbeda kualitas dengan apa yang aku ciptakan di lagu # Ganti Presiden 2019.” aku Johni  menilai perbandingan lagunya  dengan syair lagu lagu di album Kantata Taqwa. Syair yang lebih lugas dan menohok di lagu # Ganti Presiden 2019, atas sebuah kebijakan yang dibuatnya di akui sangat jauh bobotnya dibanding Kantata. Namun begitu, bukan berarti Johni tak mampu membuat lagu yang sama berkualitasnya dengan Kantata, asal didukung waktu dan additional musisi yang juga hebat dan memadai.

“  Tidak ada niat sedikitpun menjatuhkan pemimpin negara, karena lagu itu Aku buat dengan berbagai refrensi dan literasi baik dari berita media masa, media sosial bahkan melihat dan merasakan kan langsung dari kehidupan sosial masyarakat yang ada. Bilapun pemimpin saat ini terpilih kembali tak masalah bagi Aku. Tujuannya hanya mengingatkan agar pemimpin yang terpilih nanti lebih komit terhadap apa yang disuarakan rakyat luas. Karena kita ada ditahun politik yang akan ada pemilihan pemimpin kedepan dan bila terpilih itu namanya juga ada pergantian baik susunan kabinet maupun kebijakan yang diharap bisa lebih baik.” ungkap Johni sang Alang.

link video klip lagu #Ganti Presiden 2019 yang dibuat netizen

http://youtu.be/0NhijFAKDLs

Dalam  situasi politik yang menghangat karena munculnya berbagai simpatisan , efek dari lagu yang diciptakan tentu ada. Baik mereka yang suka ataupun tidak suka, untuk itu Johni menyikapi dengan kedewasaan  dan positif thinking saja. “Harapanku  sebagai warga negara yang baik dan memiliki hak politik, dalam perkara dukung mendukung harus lebih cerdas dan rationable melihat permasalahan. Dalam negara hukum yang semua diatur dengan jelas, Aku sebagai warga negara punya suara yang dilindungi UU dalam bersuara dan berkarya,” ujar Johni melihat tanggapan para simpatisan baik yang suka ataupun tak suka dengan syair dan lagu yang diciptakannya.

Yang jelas kehadiran lagu Ganti Presiden 2019 adalah lagu yang bisa jadi menjadi Mars penyemangat perubahan lebih baik terhadap keinginan suara hati masyarakat luas kelak. “ Bila lagu yang aku cipta ini viral dan disukai banyak masyarakat luas. Ya mari kita nikmati saja bersama sama. Sebaiknya buatlah karya yang baik dan bermutu agar semua bisa menikmati, bukan saling menjatuhkan. Buktikan anda pun mampu berbuat yang sama seperti yang aku lakukan.” ujar Johni Sang Alang menanggapi kritikan dan celaan sebagian orang terhadap lagu yang hits dan viral saat ini .

Memanen padi miliknya di wilayah Cikarang Jawa-Barat/Foto;Ist

Lagu # Ganti Presiden 2019 yang diciptakan Johni Sang Alang sebenarnya belum rampung, begitupula video klipnya belum ada. Video klip yang beredar luas sebenarnya hasil kreatifitas netizen yang suka akan lagunya yang dirasa pas dengan situasi dan  kondisi saat ini. “ Lagu yang terlanjur viral itu sebenarnya belum sempurna, belom melewati proses mixing dan mastering. Entah kenapa itu tiba tiba beredar dan diupload di yutube bahkan sudah dengan klip yang mereka kreasi sendiri sesuai dengan syair yang ada.” Ujar Johni merasa kaget lagunya tiba tiba beredar didunia maya dan viral.

Kedepan Johni Sang Alang tetap  concern bermusik dan tidak menutup diri mencipta hal lain seperti tema cinta, persatuan bangsa, dan kehidupan. Johni tidak ingin masuk ke politik namun bila ada permintaan membawakan lagu ini dengan nilai yang memadai tak menutup kemungkinan untuk ikut manggung live performance menerima tawaran.

*** Bersambung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.