SUARA TUHAN

0
79
ilustrasi

SUARA TUHAN

By Rizal Fadillah

Gaung 2019 Ganti Presiden semakin menguat bagaikan bola salju yang menggumpal dan membesar. Meski dicoba dihadang dengan gema lawan yang sama, namun fakta tak bisa sebanding. Si kerdil lawan raksasa. Suara rakyat tak mudah kalah. catatan sejarah untuk ini terlalu banyak.
Ada tiga hal situasi kritis yang menandai keruntuhan:

Pertama gagalnya skim adu domba atau pecah belah dikalangan masyarakat khususnya umat Islam karena pola nya telah sangat diketahui, bahkan akhirnya menjadi predikat bahwa rezim adalah tukang adu domba.

Kedua, ketidak mampuan mengelola negara yang semakin kentara. Hutang tinggi, investasi tertunggangi, kendali harga parah, memusuhi umat, merangkul dengan rekayasa, politik sandera, menteri jalan sendiri, ingkar janji dan banyak lagi.

Ketiga, kebijakan politik yang menggunakan aparat keamanan. Untuk sementara hal ini cukup efektif untuk meredam kritik, akan tetapi berlama lama berada di aras ini menyebabkan kejengkelan publik. Semakin kuat penggunaan semakin menguat gema kebencian dan perlawanan.

Rakyat tentu bukan Tuhan, akan tetapi suara rakyat adalah suara Tuhan. Begitu dogma politik demokrasi. Oleh karenanya sudah seharusnya pemimpin negara harus semakin waspada.
Teriakan keras ‘Ganti Presiden’ bukan mainan tetapi artikulasi nurani rakyat. Meski tidak seluruhnya, tapi ini adalah ruh hidup yang menjiwai situasi. Jika saja pemimpin negara baca sejarah ia mesti gemetar dan tak bisa angkuh berdiri tegar.

Pilihan hanya dua, mundur dengan sedikit terhormat dan melanjutkan kehidupan sosial dengan bermartabat, atau maju meneruskan periode dengan konsekuensi kalah dengan kehinaan atau menang untuk kemudian menghadapi lawan suara Tuhan yang lebih keras lagi lalu jatuh dengan rasa sakit yang tak terperikan.
Moga masih mampu memilih dengan sehat.

Bandung 18 Juni 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.