PKKPI: Oposisi itu Hanya Seolah-olah Saja, Aslinya Koalisi

0
122

PRIBUMINEWS.CO.ID – Analis Politik Komunikasi dari Pusat Kajian Komunikasi Politik Indonesia (PKKPI) Gede M Soekawati menilai bahwa yang saat ini terjadi adalah oposisi itu hanya seolah-olah saja aslinya Koalisi.

Hal ini diungkpakan Gede karena dalam Pilkada 2018 di 171 semua partai toh berkoalisi. Kolaborasi dan sama-sama mengusung calonnya, jadi tak ada oposisi.

“Memang ini parpol semua takut kalau tidak ada “Presidential Threshold” (PT), Sebenarnya Jokowi dan Prabowo sama-sama drama saja. Seperti Partai Demokrat SBY dengan  PDIP Megawati pada 2004 dan 2009, strategi sama,” ujar Gede pada Redaksi Pribuminews.co.id, Jumat (28/6/18)

Ditambahkan Gede bahwa ini pelajaran demokrasi di tanah air. Oleh karenanya posisi partai seperti PDIP dan Gerindra jeblok. Karena masyarakat melihat saat ini sosok bukan partainya.

“Dari calon partai asli sedikit sekali orang kader yang maju, banyaknya para calon muncul dari sosok yang lahir diluar partai, lalu dianggap kader,” urai dosen Komunikasi Universitas Pancasila ini.

Saat ditanya tentang Pilpres Kandidat Doktor Universitas Padjajaran ini mengatakan bahwa saat ini seperti saya bilang PT ditakuti kalau 0%. Dan calon alternativa presiden kiraanya perlu kalau cuma Prabowo dan Jokowi akan sama saja tak ada perubahan, sat ini rakyat lagi punya harapan tokoh pembaharuan. Tokoh saat ini banyak yang dibuai suara bazzer.
“Memang harusnya dibuka ruang capres baru bukan untuk kepentingan PT itu akan hambat pilihan rakyat dan semua tercermin dari hasil Pilkada kemarin,” ujarnya.

Gede mengatakan nanti bisa jadi Jokowi capres Golkar, bisa jadi begitu nanti, PDIP ditinggal, hanya pendukung saja kalau dilihat kejadia Pilkada ini, tapi biasanya akan terjadi melobi partai politik di ujung pendaftaran Pilpres.

“Saat ini makanya parpol  belum berani mengusung sebagai capres siapa jagoannya. karean semua dalam posisi tawar menawar partai siapa sosok yang akan diusung,” tandasnya. |RNZ/PRB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.