SIAPA PEMENANG SEBENARNYA?

0
287

SIAPA PEMENANG SEBENARNYA?

Pilkada sudah lewat di mana pendukung om jack euforia karena endoser dukungan om jack kepada kepala daerah ada 8 yang menang. Mereka di sebut all presiden man.

Jawa barat, jawa tengah, jawa timur, bali dan sumut 5 dari nilai penting wilayah di anggap populasi penting pilpres karena menguasai 55% pemilih berhasil di kuasi all presiden man. Dari saya, saya ucapkan selamat, sukses dan salut!

Dari sisi partai politik, Golkar di katakan pemenang karena 11 dari 17 cagub mereka pemenangnya dan hebatnya lagi 8 dari 11 gubernur adalah kader asli Golkar.

PDIP tersentak dengan hanya memangkan 4 gubernur dan 2 dari asli kader, bali dan jateng. Gerindra lebih tersentak lagi karena hanya 3 dari pilihannya yang menang. Bahkan head line berita di sebuah media nasional kemarin menyentil dengan kalimat , “prabowo masih berani maju?”. Ini perkataan nyelekit akan hasil pilkada kemarin.

Pengerak hastag gantipresiden mendadak senyap sesaat dan tidak ada bunyi yang nyaring di media sosial. Singkat cerita, jokowi is the winner. Lalu di hari yang sama pilkada hingga hari ini kita tersentak lagi dengan dollar 14.400. apa yang terjadi ini? Bagaimana korelasinya?

Turunnya nilai mata uang sebuah negara bukan hal yang terjadi dalam semalam, ini sebuah proses sistemik. Bukan ujug-ujug.

Pertanyaan pertama kita bertanya kepada siapa yang punya dollar. Si ontohod amerika. Mau apa mereka?

Apa ada hubungannya dengan 3 buah full battle flight carrier kapal induk kekuatan penuh ada di laut china selatan mengancam korea utara? Kita tahu kim jong un membatalkan pertemuan di singapura namun ketika ketiga kapal induk datang dengan 6 kapal selam nuklir lengkap di kawal 10 kapal fregat di sekeling kapal induk dengan 150 pesawat plus 500 tomahawk di bawa dalam kapal tersebut membuat Kim tergopoh gopoh ke singapura dan manut.

Apa ada hubungannya dengan gagalnya OBOR xi jing ping mengumpulkan dana OBOR yang memerlukan 8000 triliun dollar namun hanya tersedia 4000 triliun sehingga defisit yang membuat banyak proyek china di berbagai negara menjadi terbengkalai atau terlambat.

Apa karena china akhirnya memfokuskan ke asia tenggara, pivot to asean karena sudah di tangan dari pada meluaskan ke berbagai wilayah yang belum jelas di tangan china. Sehingga amerika merasa harus melakukan trade strategi dengan currency warfare.

Kita semua melihat amerika melakukan penaklukan Strategi ke china dengan ke korea berbeda.

Korea jelas-jelas di ancam John Bolton dari national security council amerika yang menyatakan mau di MALAYSIAN INTRICT kan atau di LIBYAN CONFLICT kan. Malaysia intrict yaitu di dongkel dari dalam dengan di buka semua dosa najib. Kalau amerika ngak buka dosa tersebut mana ada yang berani dimalaysia bergerak atau tahu masalah tersebut.

Kalau libyan conflict negara berdaulat ini di serbu saja tentara amerika masuk, eksekusi moamar gadafi. Kim korut memilih manut dulu, dia punya strategi lain. Ini harus saya acungi jempol si Kim ini. Dia ke induk semangnya ke xi jing ping dulu dan ke korea selatan dulu sebelum bertemu Trump.

Strategi Trump yang melakukan Quantitative Thightening dalam monetary policy membuat dollar menguat di lakukan sejak februari 2018. Dan kita sudah menulisnya di awal tahun 2018, bulan maret, dolar akan ke 15.000 kalau tidak di antisipasi oleh kebijakan moneter nasional. Ternyata memang tidak di antisipasi ( baca: gak faham).

Eh, karena dalam ipoleksosbudhankam otak penguasa sekarang 90% di pol-politik, lupa deh bahwa ada masalah ideologi, masalah ekonomi, masalah sosial, masalah budaya, masalah keamanan. Bobol perlahan itu yang lain, terutama ekonomi.

Fakta data mengenai defisit negara di harga dollar 14.200 adalah di 2018 ini angkanya di 727 triliun dalam neraca transaksi. Lalu defisit perdagangan migas kalau dolar di 14.200 dan minyak crude di harga 71 adalah senilai 282 triliun rupiah. Jangan bayangkan minyak di 80 dolar dan rupiah ke 15.000 loh ya!.

Lah kok jebol begini APBN nya om? Lalu si BUMN mau beli freport pakai inalum pinjem lagi, ngutang lagi, bunga lagi? Ini bagaimana sih ngelolanya para menteri ini om?. Penting mana menguasai jabatan atau membuat sejahtera masyarakat? #manaplatformekonominya #peace

Mardigu Wp

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.