Kisah Masjid Al Ikhlas di Kabukicho Shinjuku Jepang

PRIBUMINEWS.CO.ID – Pada 13 Juli 2018, kami sempat berjalan di kawasan
Shinjuku Tokyo. Dalam lawatan itu kami sempat mampir di Masjid Al Ikhlas Kabukicho Shinjuku Jepang. Dalam ruangan ada 3 lantai, lantai 1 ada semacam ruang serba guna dan ada tempat untuk berwudhu. Imam Masjid dan podium sederhana ada di lantai 3, dan ruang untuk sholat di lantai 2  dan 3. 

Kenyamanan masjid itu terasa meski tak terlalu besar. Namun sulitnya mencari masjid di tengah keramaian kota di Negri Sakura itulah yang menjadi unik. 

Kami mencari dengan telusuran google dan ditemukan masjid Al Ikhlas. Tempat beribadah dan shalat jumat adalah pilihan jika Anda pergi ke kawasan Shinjuku.

Menurut Mahmud, Pengurus Masjid Al Iklash bahwa kegiatan pada umumnya masjid ini setelah renovasi banyak yang sholat di sini. “Kini banyak juga yang datang untuk diskusi,”kata Mahmud asal Brebes pada kami. 

Masjid ini didirikan oleh Pak Idris, dan menyewa setiap bulannya kepada orang Jepang. Ada sejumlah mualaf Jepang yang masuk Islam setelah masjid ini hadir.

Menurut Mahmud kita juga banyak para donatur, tentu saja kami membutuhkan  untuk kelangsungan masjid ini.

 

Biasanya pada waktu Jumat’an di Masjid Kabukicho yang sekitarnya kawasan hiburan ini ramai para jamaah asal Indonesia untuk berjumatan.

“Kami adakan Jumatan jumlahnya bisa 40an lebih, secara rutin kami juga pengajian dzikir setiap malam Ahad,” ujar Mahmud yang sudah tinggal di Jepang selama 15 tahun.

Kami juga senang jika ada  kehadiran jamaah, jika hari jumat kami sediakan tongseng kambing dan kami makan bersama setelah Jumatan, papar Mahmud.

Bagi yang masih kesulitan menemukan lokasi Masjid Al Ikhlas Kabukicho, bisa melihat alamat yang tertulis di bawah ini. Masjid ini lokasinya sekitar belakang kantor Shinjuku Kuyakusho (City Hall), tepat di belakang warung kare India Dhali.

Nah siapa yang mau ke sana jika sedang berada di Jepang?  Ini alamat Masjid Al Ikhlas Kabukicho, Shinjuku 1 Chome-3-10 Kabukichō, Shinjuku-ku, Tōkyō-to 160-0021.

Laporan Ken foto-foto Andi Sopiandi untuk PRIBUMINEWS.CO.ID

Comments

comments