Duh Ini Sangat buruk Untuk Demokrasi – Pemilik Media Ramai-ramai Merapat ke Jokowi

0
476
Dua Pasangan dalam Pilpres 2019 yang akan digelar 17 April 2019
Oleh: Rio Apinino
Banyak pemilik media yang merapat ke kubu Jokowi-Ma’ruf Amin. Hal ini dapat merugikan publik karena mungkin pemberitaan jadi tak imbang alias berat sebelah.
Terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk pemilihan presiden tahun depan jelas tak bisa dilepaskan dari posisinya selaku pengusaha media.

Jokowi menyinggung posisi tersebut ketika mengumumkan nama Thohir di Posko Pemenangan Rumah Cemara, Jakarta, Jumat (7/9/2018) kemarin. Menurut presiden ke-7 Indonesia itu, Thohir memang dipilih salah satunya karena faktor kesuksesan mengelola bisnis—tak hanya media, tapi juga klub olahraga.

“Beliau adalah pengusaha sukses, memiliki media, klub sepak bola, klub basket, dan memiliki lain-lainnya,” ujar Jokowi.

Sebagai pengusaha, Thohir mendirikan dan memiliki Mahaka Group. Konsorsium perusahaan itu memiliki empat media daring, empat media cetak, dan empat media berbasis broadcasting. Beberapa di antaranya seperti Jak TV, Gen FM, Harian Republika, Parents Indonesia, hingga republika.co.id.

Thohir juga tercatat memiliki saham di sejumlah klub sepak bola dan basket. Saham Thohir di klub basket ada di Philadelphia 76ers (NBA), klub Satria Muda, dan Indonesia Warriors (ABL). Pada sepakbola, Thohir memiliki saham di klub D.C. United (AS), Internazionale Milan (Italia), dan Persib Bandung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.