Sidak Ombudsman di Sel, Novanto dan Nazaruddin Sedang Mencocokan Penerima Uang e-KTP

Sidak Ombudsman RI mengungkap bagaimana nyamannya sel yang dihuni terpidana korupsi proyek e-KTP, Setya Novanto. Saat sidak dilakukan, Novanto kedapatan sedang bersama terpidana kasus korupsi, Muhammad Nazaruddin.

Foto keduanya tersebar. Novanto mengakui mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu memang ada di selnya sedang ngobrol soal penerimaan uang korupsi e-KTP.

Sesaat sebelum memberikan keterangan sebagai saksi untuk terdakwa Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung, Novanto menjelaskan, kenapa dia berbincang dengan Nazaruddin. Tujuannya, agar tidak ada kesalahan siapa saja yang diduga menerima uang panas tersebut.

“Saya pagi mau sidang jadi waktu sidang. Kan ini ada pertemuan antara Nazaruddin, saya, Andi Narogong, pimpinan Banggar juga menerima uang Melchias Mekeng, Olly (Olly Dondokambey) itu juga di sini Irvan menyerahkan uang ke Melchias di mana di ruangan saya,” ujar Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).

“Ini Nazaruddin saksi yang melihat, jadi saya lagi mencocokkan apa yang saya harus sampaikan jangan sampai salah,” katanya.

Sebelumnya, petugas dari Ombudsman RI melakukan inspeksi mendadak ke tiga lapas di Bandung yakni Lapas Narkotika Banceuy, Lapas Wanita dan Lapas Sukamiskin. Sidak dilakukan secara marathon pada Kamis (13/9) pagi hingga malam kemarin.

Hasil sidak tersebut, Ombudsman menemukan dugaan mal administrasi. Dugaan mal administrasi ini berkaitan dengan ukuran kamar hunian antara satu kamar dengan kamar lainnya.

Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu mengatakan, salah satu tempat yang terindikasi yakni di Lapas Sukamiskin. Ninik mendapati kamar mantan ketua DPR Setya Novanto lebih besar dibanding kamar lainnya.