Inilah…Visi Misi Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga

0
629
Dua Pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden yang ikut berkompetisi di Pilpres 2019 telah mengirimkan visi dan misi mereka ke Komisi Pemilihan Umum.

Penyelenggara pemilu tersebut kini juga telah menayangkan visi-misi tersebut di laman resmi mereka secara online.

Ketua KPU Arief Budiman menyebutkan sebenarnya visi-misi Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sudah disampaikan sejak mereka mendaftar jadi bakal kandidat.

Menurut Arief, visi dan misi mereka bisa berubah jika masing-masing kandidat ingin memperbaikinya.

“Pada saat pendaftaran dulu kan sudah menyampaikan semua. Belum ada revisi, tapi nanti kalau mau direvisi bisa. Bukan direvisi, disempurnakan boleh,” kata Arief, Senin (24/9)

Berdasarkan dokumen yang diunggah KPU RI pada lamannya, pasangan Jokowi-Ma’ruf memiliki visi “Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian, Berlandaskan Gotong-royong.”

“Kalau mau disempurnakan boleh,” jelas Arief.

Berdasarkan dokumen yang diunggah KPU RI pada lamannya, pasangan Jokowi-Ma’ruf memiliki visi “Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong.”

Pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf  memiliki sembilan misi, yakni sebagai berikut;

  1. Peningkatan kualitas manusia Indonesia.
  2. Struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya saing.
  3. Pembangunan yang merata dan berkeadilan.
  4. Mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan.
  5. Kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa.
  6. Penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.
  7. Perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga.
  8. Pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya.
  9. Sinergi pemerintah daerah dalam kerangka Negara Kesatuan.

Sedangkan kandidat nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga memiliki visi “Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur bermartabat, relijius, berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian nasional yang kuat dibidang budaya serta menjamin kehidupan yang rukun antar warga negara tanpa memandang suku, agama, latar belakang sosial dan rasnya berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.”

Sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi memiliki lima misi, yakni;

  1. Membangun perekonomian nasional yang adil, makmur, berkualitas, dan berwawasan lingkungan dengan mengutamakan kepentingan rakyat Indonesia melalui jalan politik-ekonomi sesuai Pasal 33 dan 34 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  2. Membangun masyarakat Indonesia yang cerdas, sehat, berkualltas, produktif. dan berdaya saing dalam kehidupan yang aman, rukun, damai, dan bermartabat serta terlindungi oleh jaminan sosial yang berkeadilan tanpa diskriminasi.
  3. Membangun keadilan dibidang hukum yang tidak tebang pilih dan transparan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui jalan demokrasi yang berkualitas sesuai dengan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Membangun kembali nilai-nilai luhur kepribadian bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, bermartabat, dan bersahabat, yang diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Membangun sistem pertahanan dan keamanan nasional secara mandiri yang mampu menjaga keutuhan dan integritas wilayah Indonesia. | SUL/RED

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.