Jokowi Bilang Apapun yang Diposting di Media Sosial Adalah Berita

Era digitalisasi dan berkembangnya media sosial membuat seseorang dapat berperan sebagai wartawan.

“Karena apapun yang dia posting di media sosial adalah berita bagi pembacanya,” ujar Presiden Joko Widodo, saat memberikan sambutan dalam Kongres XXIV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/9/2018).

Jokowi menyebut, pada dasarnya berkembangnya media sosial menjadikan arus informasi kepada masyarakat menjadi lebih cepat terkabarkan.

Hanya saja, kata dia, ada beberapa pihak yang kemudian menyalahgunakan media sosial. Penyalahgunaan itu adalah berkembangnya hoaks atau kabar bohong.

“Seringkali penyebaran hoaks dilakukan oleh media abal-abal yang tidak terdaftar dan tidak diketahui penanggungjawabnya. Penyebaran ini menjadi lebih cepat karena disebar melalui whatsapp grup,” jelasnya.

Untuk itu, bersamaan dengan Kongres PWI Jokowi berharap wartawan yang profesional dapat meredam penyebaran hoaks dan memberikan berita-berita positif bagi kesatuan masyarakat.

“Pentingnya PWI dan pentingnya media untuk memberikan informasi yang benar karena di saat-saat seperti inilah kita benar-benar membutuhkan berita yang bagus sesuai dengan kaidah jurnalistik,” demikian Jokowi.|GNES/RED