Amien Rais Akan Diperiksa dalam Kasus Dugaan Hoaks Ratna Sarumpaet

Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan, Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais akan datang memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018). Sedianya, Amien akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan penyebaran hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN, Yandri Susanto memastikan akan ada sejumlah pengacara yang mendampingi Amien selama pemeriksaan esok hari. Adapun tim pengacara dari partainya, lanjut Yandri, dipimpin oleh Surya Imam Wahyudi.

“Besok pengacara yang mendampingi Pak Amien itu banyak. Tim pengacara dipimpin oleh saudara Surya Imam wahyudi. Dia ini juga wasekjen bidang advokasi hukum di DPP PAN. Ada juga Wa Ode Nur Zainab, salah satu wasekjen dan pengacara juga. Pokoknya semua pengacara di DPP PAN yang juga aktif di struktur partai,” jelas Yandri dikutip inilah, Jakarta, Selasa (9/10/2018)

Ia memastikan, seluruh pengacara dari DPP PAN akan maksimal memberikan pendampingan hukum untuk Amien Rais dalam pemeriksaannya sebagai saksi. Selain itu, menurutnya pemanggilan Amien dalam kasus Ratna dianggap aneh.

“Jadi, kami akan maksimal mendampingi Pak Amien. Menurut kami, tidak ada alasan yang kuat Polda memanggil beliau. Pak Amien kan, nggak ada salahnya. Dia korban kebohongan karena simpati melihat orang tua yang katanya digebugin dan diinjak-injak,” tandasnya.

Lebih jauh, Yandri menilai pemanggilan terhadap Amien dalam kasus dugaan hoaks Ratna Sarumpaet terkesan politis. Menurutnya, ada yang sengaja ingin menyeret Amien dan memperkarakannya terlibat dalam kasus ini.

“Sebagai anak bangsa yang anti kekerasan, wajar Pak Amien bersikap saat itu, menyampaikan keprihatinannya untuk Ratna. Pak Prabowo kan, saat konpers juga menyampaikan akan menemui Kapolri untuk berkonsultasi. Jadi, sebenarnya nggak ada salah di mereka berdua. Akan tetapi, karena ini semua urusan politik yaitu pilpres, jadi diseret-seret,” pungkasnya.|INL