Kemenag: Aliran Shinsei Bukkyo Tak Terdaftar

PRIBUMINEWS.CO.ID – Mengaku sebagai tuhan, Kemenag ambil tindakan atas aliran sesat Sekte Bukkyo.

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) belum memiliki catatan terkait aliran Shinsei Bukkyo. Dalam catatan Direktorat Jenderal Bimas Budha Kemenag hanya ada 27 aliran dalam agama Budha yang resmi terdaftar.

Demikian disampaikan Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Budha pada Direktorat Jederal Bimbingan Masyarakat Agama Budha, Supriyadi kepada media, Selasa (9/10), di Jakarta dalam keterangan tertulisnya.

“Untuk Shinsei Bukkyo, saya tidak tahu aliran dari mana. Karena tdak ada dalam catatan kami. Tidak ada lembaga yang mengembangkan aliran Shinsei Bukkyo,” katanya.

Dia menduga aliran Shinsei Bukkyo ini berasal dari Jepang. Namun, katanya, aliran Agama Budha yang berasal dari Jepang dan terdaftar di Kemenag adalah Nichiren-Shu dan Nichiren Shosu.” Apakah aliran Shinsei Bukkyo bagian dari aliran Agama Budha, saya tidak tahu. Yang dipuja apa, ” tanyanya.

Supriyadi menegaskan, pihak Kemenag tidak bisa melakukan pengawasan terhadap aliran Shinsei Bukkyo, karena tidak memiliki data terkait aliran itu. Sampai sekarang, kata dia, ada 27 aliran Agama Budha yang terdaftar dan mendapat pengawasan dari Kemenag.

Maka, dia menyarankan lembaga yang mengembangkan Shinsei Bukkyo untuk segera melaporkan aktivitas dan ajarannya pada Kementerian Agama,  Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Dalam Negeri.
Supriyadi pun mengaku tidak mengetahui ihwal adanya pelarangan ibadah aliran Shinsei Bukkyo. “Saya belum dapat informasi detail soal pelarangan ibadah aliran Shinsei Bukkyo,” jelasnya.

Sebelumnya dilaporkan, sejumlah warga dari Citaringgul, Sentul, Bogor menggeruduk sebuah gedung di Sentul City yang diduga menjadi tempat peribadatan aliran Shinsei Bukkyo. Warga menilai, pengelola gedung tidak mengantongi izin gedungnya digunakan sebagai tempat beribadah.

Bukkyo merupakan agama Budha baru yang berkembang di Jepang sejak 1954. Ajaran ini dikembangkan Toraibutsu yang mereka kenal sebagai utusan Tuhan,

Sebelumnya, Pembina Shinsei Bukkyo Rudy Chandra menyatakan Shinsei Bukkyo merupakan agama Budha baru yang berkembang di Jepang sejak 1954. Ajaran ini dikembangkan Toraibutsu yang mereka kenal sebagai utusan Tuhan, saat ini sekte sesat ini menyebarkan keyakinannya di daerah Sentul, Bogor. |Voaic/PRB

Comments

comments