Debat capres harus dirubah

Saya kira format debat capres harus dirubah. Ini lebih fundamental. Selama ini debat capres kayak cerdas cemat. Putusan KPU ngasih pertanyaan sebelum hari H ke Paslon memang konyol. Tapi kalau kita larut ngebahas itu, kita digiring ke wacana teknis. Bukan substansi.

Padahal yang harus kita pertanyakan apa gagasan dasar diadakannya debat capres selama ini sejak 2004. Menurut saya pengendali debat capres yang benar bukan di tangan pembawa acara atau moderator. Tapi para panelis. Para panelis dan paslon lah yang harus saling berdialog.

Para panelis harus mewakili keingintahuan publik dalam menggali apa yang ada di benak paslon. Apa cita cita. Apa prioritas utamanya. Apa program unggulannya. Apa ide orisinal yang orang lain tidak bayangkan atau pikirkan sebelumnya.

Sehingga aktor utama sesungguhnya adalah para panelis. Kalau perlu para panelis boleh menyela atau menginterupsi capres atau cawapres untuk meminta klarifikasi atau meminta penajaman atas paparan capres atau cawapres. Oleh Hendrajit

Comments

comments