PRABOWO DAN TITIK

PRABOWO DAN TITIK
Oleh: Radhar Tribaskoro

Setiap musim pilpres tiba daur ulang kebencian itu merebak lagi: “Prabowo diceraikan istrinya”, “Prabowo keluarga berantakan”, “Prabowo capres tanpa calon ibu negara”.

Pengakuan Titik Soeharto di bawah ini menjelaskan tragedi yang menimpa Prabowo. Ia telah dipaksa meninggalkan suami yang dicintainya karena keluarga termakan fitnah bahwa Prabowo adalah penggerak Kerusuhan Mei 1998. Keluarga Suharto beranggapan bahwa karena kerusuhan itulah rakyat marah dan mengakibatkan kejatuhan kekuasaan Suharto.

Fitnah itu menyebabkan Prabowo harus menceraikan istrinya, meninggalkan anaknya dan mengasingkan diri ke luar negeri. Apa yang bisa ia lakukan? Seluruh negeri tengah bergejolak menjatuhkan mertuanya. Dimana tempat bagi sang menantu berpangkat jenderal bintang tiga dengan kuasa mengerahkan ribuan tentara?

Walau dengan perasaan sangat pahit Prabowo harus menerima kejatuhan dirinya mengiringi kejatuhan sang mertua. Ia pun harus menerima fitnah yang mengatakan ialah biang keladi Kerusuhan Mei 1998 dan penculikan. Fitnah yang menyebabkan ia harus bercerai dengan anak-istrinya.

Belakangan fitnah itu terbongkar juga. Menurut kesaksian Elza Syarief, pada tahun 1999 Wiranto pernah menyatakan bahwa Prabowo tidak terlibat Kerusuhan Mei 1998. Aktivis HAM Munir pun menyatakan hal yang sama. KH Said Agil Siradj yang pernah menjadi Wakil Ketua Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF), lembaga yang secara khusus dibentuk pemerintah untuk menyelidiki kasus Kerusuhan Mei 1998, pun menyatakan bahwa Prabowo sama sekali tidak terlibat dalam kerusuhan itu. Menteri Sekertaris Negara Muladi pada tanggal 13 September 1999 pernah mengirim surat ke Komnas HAM menyatakan bahwa Prabowo tidak terlibat kasus Kerusuhan Mei 1998.

Alhasil tidak ada satu dokumen resmi negara yang menyatakan Prabowo terlibat dalam Kerusuhan Mei 1998.

Betapapun Prabowo telah menjadi korban. Ia kehilangan karir, istri dan anak yang ia cintai. Sungguh, anda adalah orang-orang yang memalukan bila menyudutkan Prabowo atas tragedi yang terjadi di dalam keluarganya. Kalau anda orang yang adil, temukan dalang dari semua fitnah itu!

Comments

comments