TESTIMONI SUDIRMAN

Pengakuan Sudirman Said mengenai adanya pertemuan dengan Jim Bob di Istana pada medio 2015 silam bukanlah cerita baru. Oktober 2015 Majalah Tempo pernah mengangkatnya sebagai laporan utama. Ceritanya cukup detail, dan sama dengan yang kini diakui oleh Sudirman Said.

Narasumber laporan utama Tempo waktu itu tentu saja bukan Sudirman, melainkan seorang pejabat Kementerian ESDM yang disebut Tempo mengetahui pertemuan tersebut. Sebagai Menteri, Sudirman tidak mungkin membocorkan pertemuan semacam itu ke media.

Seingat saya, pertemuan dengan Jim Bob ini juga pernah dibahas di acara ILC. Sudirman waktu itu sempat jadi bulan-bulanan forum. Saya juga beberapa kali menulis posting yang mempertanyakan komitmen Saudara Sudirman Said terhadap kepentingan nasional waktu itu.

Jadi, jika hari ini Sudirman Said memberikan konfirmasi atas pertemuan tahun 2015 itu, saya kira tidak aneh. Dan bukan hal yang istimewa.

Meskipun ia pernah jadi pembantu Jokowi, tapi kini ia manusia bebas. Ia bebas mengekspresikan keyakinannya, apalagi jika terkait kepentingan yang dinilainya lebih besar.

Jika Anda mempertanyakan integritas Sudirman Said, hanya karena ia kini berposisi melawan bekas atasannya, maka sebaiknya stok kepedulian Anda terhadap soal integritas itu digunakan terlebih dahulu untuk mempertanyakan integritas para pejabat negara yang lidahnya tak pernah kering oleh dusta. Itu lebih berguna untuk anak-anak muda.

Tarli Nugroho. (dari Timeline FB)

Comments

comments