Polemik Ijazah Palsu, cuma Jokowi yang bisa menyelesaikannya

0
113

Setelah Tim kuasa hukum Bambang Tri Mulyono, selaku penggugat Presiden Joko Widodo, mencabut gugatan kasus dugaan ijazah palsu Joko Widodo di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, “Register perkara telah dicabut dan dianggap tidak ada, ujar Khozinudin (27/10/2022).

Jadi sebenarnya secara perdata kasus itu telah selesai, tapi apakah urusan ijazah palsu ini selesai ? Tampaknya belum, bahkan tambah ramai di medsos. Masalah perdata telah bergulir menjadi masalah politis dan sosial.

Dengan adanya penahanan BT sebagai penggugat dan GN sebagai pemandu mubahalah pada 14 Oktober 2022, secara sosial perlakuan tersebut sudah mengkonfirmasi bahwa ijazah tersebut memang palsu. Jika memang benar ada ijazah aslinya, utk apa sidang pembuktian dihalangi ? Ini logika sederhana saja.

Masalah sederhana ini tampaknya semakin disembunyikan semakin meyakinkan masyarakat bahwa memang benar-benar palsu. Hebatnya kepalsuan ini baru ramai setelah Jokowi 2 x jadi Presiden, artinya baru ketahuan setelah hampir 8 tahun.

Sudah mulai ada rakyat perorangan dan perwakilan perwakilan organisasi minta ke DPR DPD & MPR, agar dibentuk Panitia khusus supaya masalah ijazah palsu ini diselidiki. Tampaknya harapan rakyat ini belum tampak ada rencana di realisasikan.

Akankah masalah ini digantung terus ? Sekarang saja legitimasi Joko Widodo dipertanyakan, apalagi jika digantung terus. Dapat dipastikan masyarakat bertambah yakin ada yang disembunyikan. Obrolan ijazah palsu ini sudah sampai tingkat warung kopi. Mengerikan….,

Apalagi ada berita dugaan meninggalnya Harry Mulyono, pemilik ijazah Sarjana Kehutanan UGM ini meninggal diduga terkait dengan kasus ini, sehingga menimbulkan pertanyaan a.l.
1. Apakah kematian Harry Mulyono berhubungan dengan ijazah Palsu?
2. Apakah Hari Mulyono dan Jokowi satu angkatan di Fakultas kehutanan UGM periode 1980-1985? Dan lulus bersama-sama ditahun 1985?
3. Apakah penghapusan pidana palsu dalam UU ciptaker ada hubungannya dengan kasus ijazah palsu yang diributkan saat ini?
4. Apakah perkawinan adek Jokowi mantan istri Alm Harry Mulyono yaitu saudari Ida dengan Ketua Mahkamah Konstitusi berhubungan dengan ijaxah palsu?

Keyakinan adanya pemalsuan ijazah ini dibantu oleh sifatnya yang biasa berbohong, sampai mahasiswa saja memberi gelar khusus misalnya BEM UI : King of lips service, UGM, Ketidaksesuaian Omongan dengan Kenyataan

SD, SMP, SMA, dan Universitas UGM tempat Jokowi menuntut ilmu sudah memberikan klarifikasi, namun tidak ada satu sekolah pun yang berani secara terang benderang menunjukkan bukti nyata.

Sebenarnya jika saja ada kejujuran yg tersisa, sebaiknya Jokowi menjelaskan terus terang. Jika asli dan benar tinggal tunjukkan saja ijazahnya dan silahkan diperiksa oleh pengadilan atau pansus. Jika palsu jelaskan juga bahwa itu memang ijazah palsu, terus terang dan minta maaf, kemudian mundur, toh ada wakil presiden yg setiap saat siap menggantikan.

Jika Jokowi berani terus terang dan terbuka, selesai sudah polemik ini. Toh mengaku atau tidak mengaku juga masyarakat sudah tahu jawabannya. Jabatan itu amanah dan terhormat jika kita mendapatkannya dengan cara terhormat, tapi akan terhina selamanya jika diperolehnya dengan cara tidak terhormat.

Bandung, November 2022
Memet Hakim
Pengamat Sosial

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.