#NGOPIPAGI: KOMUNIKASI & PERTEMUAN ITU

0
211
Aendra Medita Kartadipura/ist

TAK ada janji, tak ada ingin, tapi terjadi sudah malam itu. Di Bilangan Jakarta Pusat, akhirnya ada pertemuan itu. Ada komunikasi ada ruang diskusi. Jika semua paham dan mengerti itu hanya sebuah wacana. Padahal semua paradigma itu adalah isu lama.

Tahun 2000an saat saya kerja sebagai konsultan komunikasi di lembaga konsultan komunikasi multinasional saya punya pengalaman baik.

Dan ini ilmu yang luar biasa. Basic saya adalah studi di seni (teater) dan saya menekuni dunia jurnalistik, lalu saya masuk jabatan di media saat itu editor di media komunikasi dan marketing promosi. Banyak orang tahu media itu adalah Majalah Cakram. Hampoir seluruh perusahaan advertising paham. Saya banyak belajar dari sana, lalu saya di ambil sebuah agency advertising untuk jadi penulis (copy writer). Alhamdulillah saat itu saya sempat buat iklan-iklan untuk otomotif dari Korea, Telco yang dulunya milik bumn Indonesia kini punya asing. Dan sejumlah ILM (Iklan Layanan Masyarakat) saya buat. Saya jalani setahun karena saya kembali diambil perusaan yang saya sebut diatas konsultan komunikasi. Disini bnayak saya kerjakan komunikasi korporasi besar. Mulai kelas multinasional, dari mulai cigaret, sampai perusahaan parkir saya bantu komunikasi strateginya.

Pertemuan adalah pertemuan dan saya menjadi yang paling siap diam jika simak pembicaraan yang sedang di dialogkan. Intinya saya pendengar setia. Saat ingin ditawarkan juga saya tak langsung iya untuk terima, karean saya bukan yang suka langsung mau. Bagi saya komunikasi adalah satu cara yang hakiki. Jika dia tidak mau komunikasi yang sudah lupakan.

Saya penganut ajuan resmi, tapi jika ajuan resmi saja dilalaikan maka lupakan saja. Dan saya adalah yang paling suka cara interaktif, bukan cara yang minta-minta seolah perlu. Dalam ilmunya tahu sudah cukup tapi saya tak mau sok tahu juga. Jika ada yang salah komunikasi yang biar saja. Tapi pertemuan itu adalah waktu yang juga komunikasi.

Aendra Medita

Kebagusan, Jakarta, 27 Mei 2023

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.