Front Pergerakan Nasional Beri Dukungan Total untuk AMIN di Pilpres 2024

0
248

PRIBUMINEWS — Dukungan ke Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar begitu deras mengalir bahwkan membuat manifesto dan menyatakan “Resolusi Perubahan Untuk Keadilan Bangsa di 2024. Itulah yang dicuatkan Front Pergerakan Nasional (FPN) .

Radar Tribaskoro Dewan penasehat Front Pergerakan Nasional (FPN) mengatakan bahwa  FPN adalah organisasi yang diinisiasi oleh veteran aktivis mahasiswa era 80an sd 90an. Jadi FPN mewakili 3 generasi aktivis yang terlibat dalam pergerakan politik di era Orde Lama, Orde Baru dan Orde Reformasi. Walau begitu FPN didirikan untuk menjadi sarana pergerakan politik anak muda jaman kiwari, generasi milenial dan zilenial.

FPN didirikan untuk menjawab panggilan rakyat lanjut Radar,  Rakyat hari ini kecewa, marah dan frustrasi karena kehidupan dirasakan semakin berat dan menjepit. Mereka kecewa karena telah ditinggalkan oleh para politisi. Para politisi sibuk bergerombol memunguti remah-remah  makanan sisa serigala perampok keuangan dan sumber daya negara. Mereka berlomba memanjat piramida kekuasaan demi remah yang terbesar.

Open photoFPN menilai perilaku itu menyebabkan para politisi melalaikan kewajiban mereka untuk melindungi dan memakmurkan rakyat.

“Secara perlahan tapi pasti watak politisi berubah menjadi mengejar keuntungan bagi kelompok dan diri sendiri, mendahulukan tujuan jangka pendek ketimbang tujuan jangka panjang yang lebih substansial, namun lebih dari itu para politisi telah membuka pintu lebar-lebar, termasuk memberi kekuasaan politik kepada para pemilik uang. Dengan begitu kecenderungan materialisme politik menjadi sangat sukar dibendung,”ungkap Radhar di Kafe Pedjuang Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa 26/9/2023.

Di sisi lain kata Radar, politik personifikasi telah msnginjak-injak sistem politik. Figur telah mendominasi sistem. Di tingkat nasional presiden sebagai eksekutif semakin mengendalikan lembaga legislatif dan yudikatif. Sementara di tingkat partai politik peranan ketua umum melampaui apa yang dijinkan oleh konstitusi partainya sendiri.

FPN menyoroti bidang ekonomi. Bidang ekonomi ini berkembang paham yang disebut ekonomi neoliberal yang pada hakikatnya adalah ekonomi pro-oligarki atau pro-investor. Paham ini bertujuan memakmurkan individu investor, bukan masyarakat luas. Paham ini telah terwujud dalam UU Ciptaker dan UU Kesehatan. Kedua UU itu menempatkan para investor sebagai penentu dan pelaksana kebijakan di bidang industri dan kesehatan. Ibaratnya, ekonomi telah diserahkan ke mulut buaya. Ekonomi rakyat disebut ekonomi residual, hanya memakan remah-remah tersisa, sementara bagian terbesar ditelan oleh oligarki.

No description available.Sementara itu Ketua FPN Doz Santos mengatakan  “FPN berkomitmen menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan nilai-nilai kemerdekaan yang menjunjung keadilan, kemanusiaan dan demokrasi,” ujar Doz Santos.

Santos juga mengatakan FPN masih memegang teguh nilai-nilai dan prinsip-prinsip pergerakan sesuai Pancasila dan amanat perjuangan Indonesia merdeka, maka dalam agenda politik nasional terkait kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024. Dan inilah manifesto FPN merespon bangsa saat ini:

1. FPN akan menjadi garda terdepan dalam mengawasi proses demokrasi pemilihan umum yang Adil, Jujur, Transparan, Akuntabel dan Beradab

2. FPN menolak keras Intervensi politik kekuasaan dan money politics kaum oligarki dalam setiap tahapan proses pemilu

3. FPN menuntut seluruh aparat negara, baik sipil maupun tentara dan polisi, untuk bersikap netral sesuai aturan konstitusi dalam proses pemilu.

4. FPN mendorong partisipasi rakyat dalam proses pemilihan umum 2024, serta menuntut Negara menjamin kebebasan dan hak konstitusional seluruh warga bangsa dalam menentukan masa depan Indonesia yang lebih adil dan sejahtera.

5. FPN mendukung Kampus sebagai basis pengkaderan dan aktivis pergerakan demi melahirkan calon pemimpin nasional.

6. FPN mendukung dan mengawal Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 yang benar-benar berasal dari dunia aktivis dan pergerakan yaitu Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar. Anies dan Muhaimin tercatat konsisten mendorong demokratisasi di Indonesia sejak tahun 80-an Sementara calon-calon lain hanya mengaku-aku saja

7. FPN akan senantiasa menjaga dan memelihara nilai-nilai dan tidak akan segan melakukan kritik jika terjadi penyelewengan terhadap nilai-nilai perjuangan bangsa.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memudahkan perjuangan kita memenangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029. Ini semua agar cita- cita kemerdekaan bangsa Indonesia segera menjadi kenyataan.

AMIN…

No description available.Masih dilankan Radar bahwa terkait BPS melaporkan ada pertumbuhan ekonomi. Pada saat bersamaan pengangguran meningkat, uang tidak beredar di bawah. UMKM mati. Kenyataan ini membuktikan bahwa pertumbuhan itu hanya dinikmati oleh kalangan atas saja. ”Jadi secara bersamaan tatanan politik dan tatanan ekonomi diatur oleh oligarki,” jelasnya Tatanan ekonomi dan sosial diatur Oligarki

Sementara itu orang dibuat agar tidak  khawatir kepada kenaikan utang pemerintah, kemerosotan lingkungan hidup dan penghisapan sumberdaya alam. Di sini tatanan sosial pun mau dikendalikan, generasi muda disuruh mengabaikan bahwa utang luar negeri, lingkungan hidup dan sumber daya alam adalah aset utama  yang mestinya dipelihara negara agar bisa dinikmati oleh generasi masa depan Indonesia.

Masih kata  Radar, tatanan kultural kita dipaksa menunduk kepada kultur Negara Cina. Hal itu nyata tersirat dan tersurat dalam relasi ekonomi Indonesia – Cina. Semua kerjasama ekonomi antara kedua negara terjalin secara tidak seimbang, yaitu dengan merugikan kepentingan tenaga kerja, pebisnis dan generasi masa depan Indonesia. Relasi tidak adil itu mencerminkan pandangan elit Indonesia yang meletakkan kultur yang memberi kekuatan dan kepercayaan diri bangsa Indonesia sebagai inferior terhadap kultur Cina.

“Nilai-nilai yang berorientasi kepada keharmonisan hidup dalam jangka panjang, disingkirkan oleh visi jangka pendek,” tegasnya.

Akibatnya kita semakin menjauh dari cita-cita pendiri bangsa di tahun 1945, aktivis mahasiswa yang menumbangkan Orde Lama 1965, aktivis mahasiswa anti-otoriterisme Orde Baru 1978 dan aktivis mahasiswa 1998 yang menumbangkan Orde Baru. Kita semakin terjerat, bahkan semakin dalam, dalam jebakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Bagi FPN, juga masyarakat,  semua itu menimbulkan penderitaan rakyat yang semakin tidak tertanggungkan. Rakyat memanggil dari seluruh penjuru negeri. Kami, para pendiri FPN, menjawab panggilan rakyat itu. Hai rakyat, kami sekarang bersamamu mengibarkan panji-panji Perubahan. Seperti dulu, kami FPN akan menyerahkan seluruh keringat, darah, airmata bahkan jiwa kami untuk Mengubah Nasib Rakyat, Bangsa dan Negara Kami.

“Kami akan berjalan bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar karena selain mereka adalah aktivis, kami yakin mereka pun menjawab panggilan yang sama. Bersama seluruh rakyat Indonesia  mari kita bekerja keras memenangkan Pilpres 2024 untuk menjadikan Anies Presiden dan Muhaimin Wakil Presiden NKRI 2024 – 2029,” tutup Radhar. (dra/prb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.